Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Scan Foto untuk PC yang Paling Mudah Sobat Gunakan

Mungkin, banyak orang menyangka, pemindaian hanya memerlukan perangkat keras saja. Padahal tidak demikian. Selain membutuhkan perangkat pemindai atau scan, Sobat juga masih membutuhkan aplikasi scan foto untuk PC sebagai alat untuk menjalankan proses pindai.

Maksudnya bagaimana? Setidaknya, urusan pindai-memindai selalu melibatkan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras tersebut adalah perangkat scanner dengan merk-merk tertentu. Perangkat lunaknya adalah aplikasi yang diinstal pada PC milik sobat.

Lantas apa saja, aplikasi scan foto untuk PC yang bagus untuk memindai?

Aplikasi Scan Foto untuk PC

Aplikasi Scan Foto untuk PC
Aplikasi Scan Foto untuk PC


Paperscan


Sebenarnya, setiap perangkat keras yang digunakan untuk memindai selalu menyertakan aplikasi bawaannya. Sayangnya, aplikasi bawaan ini jarang sekali memberikan hasil akhir yang memuaskan. Beberapa bahkan tidak menyediakan fitur yang membuat hasil pindai maksimal.

Paperscan memahami hal itu. Dengan aplikasi ini, sobat tidak hanya memiliki satu pilihan saja untuk menentukan format hasil akhir pemindaian. Sebaliknya, sobat bisa menyimpan hasil scan dalam bentuk gambar, pdf, atau bahkan melakukan pemindaian dalam bentuk teks. Tentu pemindaian dalam bentuk teks ini akan mempermudah sobat membuat softcopy dokumen yang sobat pindai.

Adobe Acrobat DC


Nama Adobe tentu sudah sering sobat dengar sebelumnya. Perusahaan ini banyak mengembangkan aplikasi editing untuk gambar dan hal-hal lain termasuk untuk mengedit video. Bagi kalangan mahasiswa sendiri, Adobe erat kaitannya dengan file yang berbentuk pdf.

Menariknya, Adobe juga mengeluarkan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemindaian. Tentu saja, hasilnya akan diolah menjadi bentuk pdf. Tetapi, sobat juga bisa melakukan pemindaian teks pada objek yang dipindai menggunakan aplikasi Adobe ini. Dengan demikian, sobat bisa membuat softcopy objek yang dipindai tersebut.

OmniPage Standard


Aplikasi ini tergolong yang paling baik dalam menangani hasil pemindaian. Pasalnya, sobat bisa memindai gambar yang memuat teks tanpa perlu mengetik ulang teks tersebut. Dengan begitu, sobat cukup mengedit saja, tanpa perlu melakukan pengetikan seluruhnya dari awal.

Aplikasi yang dikeluarkan oleh Nuance ini memiliki teknologi OCR yang cukup baik. Pasalnya, bukan hanya teksnya saja yang akan teridentifikasi, tetapi juga format teks seperti tabel, kolom, bahkan hingga bullet serta grafik pada gambar yang dipindai.

Bagaimana dengan hasil pemindaian? Hasil pemindaian bisa disimpan dalam bentuk word, exel, corel, juga pdf seperti umumnya aplikasi pemindai. Ini artinya, tanpa alat pemindai yang sebenarnya, Sobat bisa melakukan pemindaian. Lantas dengan apa? Cukup menggunakan kamera ponsel saja. Foto hasil jepretan tersebut yang lantas dipindai isinya.

Selain beberapa aplikasi di atas, memang masih banyak aplikasi sejenis yang bisa Sobat gunakan. Namun begitu, tidak ada salahnya, sobat mencoba aplikasi yang sudah diulas di atas satu persatu. Tentu saja, pertimbangannya adalah kebutuhan dan kenyamanan sobat saat menggunakannya.
Dan akhirnya, selamat bekerja dengan aplikasi scan foto untuk PC ini sebaik mungkin.

Post a Comment for "Aplikasi Scan Foto untuk PC yang Paling Mudah Sobat Gunakan"