Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Peredup Layar PC Gratis yang Layak Diunduh

Aplikasi peredup layar PC dibutuhkan ketika tampilan layar membuat mata lelah dan capai. Software yang bisa mengurangi kadar kecerahan display sekaligus juga bisa digunakan untuk meningkatkannya. Aplikasi peredup layar untuk komputer PC sangat banyak. Sebagiannya akan dicoba dijelaskan di bawah ini terutama yang gratis alias tidak berbayar.

Aplikasi Peredup Layar PC

Aplikasi Peredup Layar PC
Aplikasi Peredup Layar PC

1. Desktop Lighter


Aplikasi peredup layar PC terbaik yang pertama adalah Desktop Lighter. Ini merupakan aplikasi yang mudah digunakan dan diaktifkan. Sobat cukup menekan tombol ikon di bagian tray, lalu mulai menggerakan slide untuk mengatur kecerahan.

Desktop lighter merupakan aplikasi pengaturan kecerahan layar komputer yang bisa diunduh gratis. Walaupun demikian tampilannya elegan dan terkesan minimalis dengan interface yang ramah dan mudah digunakan.

2. iBrightness Tray


iBrightness Tray juga aplikasi pengatur display komputer PC yang berikutnya. Keunggulan aplikasi ini adalah tidak hanya mengatur kecerahan, tetapi juga bisa menghemat daya dengan adanya fitur mematikan komputer secara otomatis.

Aplikasi iBrightness Tray cocok bagi pengguna yang sering berlebihan ketika melihat komputer. Terkadang karenanya komputer menjadi panas yang berisiko kerusakan hardware di dalamnya. Oleh karena itu aplikasi ini layak untuk digunakan.

3. RedShift GUI


Aplikasi peredup layar PC yang selanjutnya adalah RedShift GUI. Ini merupakan software yang juga bisa dicoba namun sedikit membutuhkan kemampuan manual untuk melakukannya. Terutama ketika sobat ingin mengatur kecerahan komputer sesuai lokasi pengguna.

Jika hanya ingin mengatur kecerahan dari cerah ke gelap maupun sebaliknya, sobat bisa menggerakan slide-nya saja. Aktivitas ini sudah cukup untuk membuat tampilan layar lebih bersahabat dan nyaman di mata.

4. Gamma Panel


Gamma Panel merupakan aplikasi pencerah layar komputer PC yang cukup jadul. Dibangun pada tahun 2002 namun masih sangat digemari sampai saat ini. Meskipun begitu, kabarnya aplikasi ini sudah adaptabel dengan OS Windows.

Keunggulan Gamma Panel adalah bisa mengatur kecerahan layar sesuai saturasi dan gradasi warna. Sobat hanya tinggal memilih kecerahan yang identik dengan warna apa yang sekiranya nyaman untuk dilihat. Sehingga tidak membuat mata terasa pedih dan pegal.

5. Screen Bright


Screen Bright adalah software pencerah desktop yang paling modern dari segi tampilan. Sekalipun demikian cara mengaktifkan aplikasi sangat mudah bahkan untuk setting saturation cukup dengan menggerakkan slide saja.

Aplikasi Screen Bright berjenis portable, sehingga bisa disimpan di Flash disk, memori card dan perangkat penyimpan lainnya. Itu artinya software juga adaptable sekalipun digunakan dengan gonta-ganti perangkat.

Jika tampilan komputer membuat mata panas mungkin cahayanya terlalu kuat. Oleh sebab itu silakan gunakan aplikasi peredup layar PC yang sudah diuraikan di atas. Semuanya gratis serta memiliki ukuran software yang tidak terlalu besar. Adakah aplikasi yang menjadi andalanmu, Sob?

Post a Comment for "5 Aplikasi Peredup Layar PC Gratis yang Layak Diunduh"