Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Penjadwalan Pengajaran Menggunakan Algoritma Genetika Anti Bentrok

Masuk tahun ajaran baru pastinya sobat yang bekerja di bidang pendidikan akan menyiapkan jadwal pelajaran untuk para siswanya. Nah, agar jadwal pelajaran yang dibuat tidak saling bentrok dengan mata pelajaran lain, ada aplikasi penjadwalan pengajaran menggunakan algoritma genetika yang bisa dicoba. Dengan menggunakan aplikasi berikut, sobat tidak perlu khawatir saat diberikan tugas membuat jadwal pelajaran.

Aplikasi Pembuat Jadwal Pelajaran

Aplikasi Penjadwalan Pengajaran Menggunakan Algoritma Genetika
Aplikasi Penjadwalan Pengajaran Menggunakan Algoritma Genetika

Adanya aplikasi pembuat jadwal pelajaran ini akan membantu sobat untuk lebih cepat dalam bekerja. Selain itu, risiko adanya pelajaran yang bentrok juga bisa terminimalisir jika aplikasi yang digunakan tepat. Nah, bagi sobat yang mencari aplikasi pembuat jadwal mata pelajaran sekolah, aplikasi berikut bisa menjadi rekomendasinya.

1. FET (Free Timetabling Software)


Aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang bisa digunakan untuk membuat jadwal sekolah hingga kuliah. aplikasi ini memungkinkan sobat untuk membuat jadwal secara cepat. Untuk jadwal yang rumit, diperlukan waktu maksimal 20 menit. Sedangkan untuk jadwal yang lebih sederhana hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit saja.

2. Lantiv Time Tabler


Aplikasi pemrograman ini berfungsi untuk membuat jadwal pelajaran untuk kelas, siswa, dan guru. Aplikasi ini sangat menarik untuk digunakan karena sudah menggunakan tampilan yang lebih colorfull.

Salah satu fitur andalan dari aplikasi ini adanya itur kolaborasi yang memungkinkan jadwal pelajaran dikerjakan oleh banyak orang. Tentunya hal ini akan memudahkan sobat dalam membuat jadwal, karena sudah banyak yang membantu. Sobat tidak perlu cemas adanya banyak tangan dalam pembuatan jadwal karena fitur real-time pekerjaan akan membuat pembagian kerja menjadi lebih mudah.

3. Unitime University Timetabling System


Aplikasi penjadwalan pengajaran menggunakan algoritma genetika menjadi aplikasi yang banyak dicari oleh operator sekolah. Meski begitu, aplikasi Unitime  University Timetabling System bisa menjadi alternatifnya.

Aplikasi ini mendukung pengembangan jadwal pengajaran ini mendukung sistem secara komprehensif. Biasanya aplikasi ini banyak digunakan di tingkat universitas untuk membuat jadwal kuliah, jadwal ujian, hingga pembagian ruangan dan acara lain. Fitur andalan dari aplikasi ini adalah pengelola perkuliahan mampu melakukan penjadwalan dan mengedit penjadwalan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

4. Asc Timetables


Menjadi aplikasi pembuat jadwal terpopuler di dunia, Asc Timetables sudah dipakai lebih dari 173 negara di dunia. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dengan cara pengoperasian yang mudah bagi pemula.

Fitur pada aplikasi ini memungkinkan sobat untuk membuat jadwal pelajaran, pembagian guru, dan kelas dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang relatif lebih singkat. Hanya saja, untuk bisa mengakses aplikasi ini, pihak sekolah harus merogoh dana yang lumayan.

Aplikasi penjadwalan pengajaran menggunakan algoritma genetika yang menjadi terobosan terbaru di dunia pendidikan. Aplikasi di atas tetap bisa sobat gunakan untuk membuat jadwal pelajaran sekolah tanpa harus khawatir jadwal akan bentrok dengan yang lain.

Post a Comment for "Aplikasi Penjadwalan Pengajaran Menggunakan Algoritma Genetika Anti Bentrok"