Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk


Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk? Pertanyaan ini kerap menjadi perbincangan di kalangan netizen dunia maya. Banyak orang merasa kebingungan ketika mendapati salah satu datanya menghilang secara tiba-tiba. Padahal, ada metode praktis untuk menanganinya.

Ketahui Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Terdapat cara praktis untuk memunculkannya kembali, antara lain menggunakan hidden folder, command prompt hingga beberapa PC inspector file recovery. Aplikasi itu mampu diperoleh dengan mudah, bahkan ada yang dapat dinikmati secara gratis. Lebih jelasnya perhatikan ulasan di bawah ini:

1. Cara Mengembalikan File dengan Hidden Folder

Cara Mengembalikan File dengan Hidden Folder

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa aplikasi menjadi salah satu metode paling diburu, karena memang sangat praktis untuk dilakukan. Sebab, Anda tidak perlu bersusah payah mempersiapkan segala keperluan atau perangkat lain, hanya berbekal sebuah PC atau laptop saja.

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk secara permanen ini bisa dilakukan dengan menggunakan hidden folder. Metode ini relatif ampuh dan banyak orang sepakat panduannya cukup praktis.
  • Pertama tekan Windows+E pada keyboard, selanjutnya pilihlah menu Organize.

Mengembalikan File dengan Hidden Folder

  • Selanjutnya, tekan Folder and Search kemudian, silakan beralih ke View. Segera cari Hidden files and folder. Lalu, centanglah opsi Show hidden files, folder and drives.

Mengembalikan File dengan Hidden Folder dalam Flashdisk
  • Lanjutkan dengan memilih Apply dan diakhiri “OK”. Maka flashdisk file tidak terlihat akan segera muncul dengan bentuk seperti bayangan dengan warna abu-abu.

Untuk memunculkannya, silakan melakukan beberapa panduan sederhana. Ini wajib dilakukan agar Anda bisa menemukan file tiba-tiba hilang di flashdisk.

  • Pertama, klik kanan pada data tersebut, kemudian pilihlah Properties.

cara mengembalikan folder yang tersembunyi

  • Letakkan kursor di bagian Properties, silakan menghilangkan tanda centang di bagian hidden. Lalu, simpan pengaturan yakni dengan klik OK.

Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

  • Setelah disimpan, maka secara otomatis Anda akan melihat data dalam flashdisk kesayangan dan cara mengembalikan file yang baru terhapus pun berhasil dilakukan.

2. Cara Mengembalikan File dengan Software Recuva
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Recuva

Anda juga bisa memunculkannya kembali file dengan melakukan beberapa langkah sederhana, salah satunya software recuva gratis. Oleh karena itu, saat kehilangan data, jangan buru-buru memformatnya atau mengembalikan ke pengaturan awal.

File recovery PC ini juga memiliki keunggulan dan bisa digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus. Berbeda dari cara sebelumnya, Anda harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu di laptop. Sebab merupakan aplikasi tambahan, namun cukup banyak dipakai oleh kalangan pengguna internet.

Cara memulihkannya cukup mudah, yaitu:
Mengembalikan File Hilang dengan Software Recuva

  • Pertama, Anda perlu melakukan pengunduhan dan penginstalan di laptop. Selanjutnya, bukalah software recuva free tersebut.

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan recuva

  • Kedua, segera pilih dokumen atau file yang ingin dipulihkan kembali. Apabila ingin memulihkan semuanya, tekan All Files.
  • Ketiga, software recuva meminta informasi apakah file tersebut ada di flashdik atau di laptop. Jika kebingungan saat menjawabnya, pilihlah I’m not sure. Namun, apabila paham secara detail, pilih In a Spesific location. Bila memilih opsi pertama, aplikasi itu akan melakukan pengecekan di seluruh area.


  • Keempat, Anda harus tekan Next untuk menscan data tersebut. Apabila telah muncul dokumennya, segera klik Recover.
  • Kelima, tentukan akan menyimpannya di mana. Terakhir, akhir prosesnya dengan OK.

Walaupaun  bukan termasuk cara mengembalikan file yang terhapus permanen di flashdisk tanpa software, tetapi cukup mudah dijalankan.

3. Cara Mengembalikan File dengan Command Prompt (CMD)
cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa aplikasi

Ketika menemui data flashdisk hilang tapi kapasitas ada, Anda jangan menggunakan cara format all. Jika nekat melakukan hal tersebut, bisa-bisa file benar-benar terhapus sehingga tidak akan bisa diselamatkan lagi. Menghilangnya secara mendadak dokumen penting itu umumnya karena tersembunyi.

Hampir mirip dengan cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk karena antivirus, yaitu memakai metode tercepat dengan menggunakan Command Promp. Langkah ini sangat efisien karena tidak perlu melakukan pengunduhan software (hanya berbekal laptop saja).

Cara mengembalikan file yang terhapus dengan CMD atau Command Promp ini cukup mudah.

  • Silakan klik menu Start di bagian pojok kiri bawah.

Mengembalikan File dengan Command Prompt (CMD)

  • Kemudian, ketikan cmd dalam pencarian. Jika jendelanya ternuka, segera ketikkan SD dan Enter sesegera mungkin.
  • Langkah selanjutnya adalah mengetikkan alamat driver. Alamat driver yang diketikkan dalam jendel prompt adalah tempat flasdisk, semisal G atau F.

Cara Mengembalikan File dengan Command Prompt (CMD)

  • Lalu, klik Enter. Langkah selanjutnya adalah mengetikkan ATTRIB *.* -S –H –R /S /D. Kemudian, tekan Enter. Dalam sekejab, Anda akan melihat file-file tersembunyi dalam flashdisk.

Cara mengembalikan file yang terformat di flashdisk dengan CMD ini sangat disukai karena bisa dilakukan dalam waktu cepat dan tidak membutuhkan software. Apabila tidak berhasil, silakan cek kembali apakah Anda mengetikkan perintah sesuai petunjuk yang benar atau justru sebaliknya.

4. Cara Mengembalikan File dengan EaseUs Data Recovery
Cara Mengembalikan File dengan EaseUs Data Recovery

Mengembalikan data yang terhapus di server bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja. Jika cara sebelumnya tidak berhasil, maka mungkin software EaseUs Data Eecovery dapat membantu memulihkan file tersebut.

Saat data d flashdisk tiba-tiba menghilang, sebaiknya download software easeus data recovery wizard. Aplikasi ini cukup ampuh memulihkannya. Selain itu, pengoperasiannya relatif mudah seperti langkah berikut:
Mengembalikan File dengan EaseUs Data Recovery

  • Pilihlah lokasi driver tempat lenyapnya dokumen Anda. Jika hilang di flashdisk, carilah sesuai namanya.
  • Kemudian, software ini akan men-scan dokumen tersebut. Mengenai durasinya bergantung pada seberapa banyak isi data di flashdisk itu.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan EaseUs Data Recovery

  • Setelah itu, silakan memilih dokumen yang ingin dilakukan pemulihan. Jika muncul, Anda masih bisa menyelamatkan file dalam folder tiba-tiba hilang.

Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan EaseUs Data Recovery

  • Berikan ceklist pada data dan segera klik Recover.
  • Selanjutnya, segera pilih salah satu tempat untuk menyimpan data, semisal driver D.
  • Kemudian, klik Ok serta simpanlah di area itu.

Cara mengembalikan data flashdisk yang rusak dengan EaseUS ini cukup praktis, bukan?

5. Cara Mengembalikan File dengan PC Inspector File Recovery
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan PC Inspector File Recovery

PC inspector file recovery download ialah salah satu cara yang bisa digunakan untuk memulihkan dokumen hilang dalam flashdisk. Penggunaannya pun cukup simpel, namun Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Ketikkan saja di laman pencarian. Kemudian, pilih opsi teratas lalu unduhlah.

Flashdisk hilang dan tiba-tiba kembali dalam keadaan hilang datanya akan memberikan kerugian besar. Namun, Anda bisa mengandalkan File Inspector File Recovery. Software ini dapat ditemukan dengan mudah. Apalagi pengoperasiannya relatif simpel.

  • Pertama, install aplikasi tersebut.
  • Kemudian, segera buka aplikasi dan jalankan software canggih tersebut.

Cara Mengembalikan File dengan PC Inspector File Recovery

  • Lalu, segera pilih menu Recovery Deleted Files.
  • Setelah itu, tentukan drive yang ingin dilakukan pemulihan. Di dalam menunya, pastikan Anda ceklist warna hijau. Ketika memilihnya, pastikan sesuai dengan kebutuhan.
  • Inspector file recovery akan segera melakukan scanning. Tunggulah selama beberapa saat karena jika jumlah datanya banyak, ini bisa menghabiskan waktu.

Mengembalikan File dengan PC Inspector File Recovery

  • Setelah itu, pilihlah dokumen yang ingin dimunculkan kembali.

Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan PC Inspector File Recovery

  • Lalu, klik kanan dilanjutkan memilih Save to.

Selesai.

6. Cara Mengembalikan File dengan Runtime GetDataBack
Cara Mengembalikan File dengan Runtime GetDataBack

Selain mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan recuva, Anda pun sebaiknya memahami software lainnya yakni Runtime GetData Back. Aplikasi ini tidak sepopuler tipe lainnya, namun cukup ampuh mengembalikan dokumen kesayangan.

Cara mengembalikan file flashdisk yang terhapus di Android pun bisa dilakukan dengan mudah, berikut ulasannya:

  • Silakan download terlebih dahulu.
  • Kemudian, ikuti petunjuknya hingga penginstalan selesai.

Mengembalikan File dengan Runtime GetDataBack

  • Lalu, jalankan piranti lunak itu serta pilih opsi “I want to recover deleted files”. Kemudian, pilih Next dan Anda harus memilih drive flashdisk.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Runtime GetDataBack

Pada tampilan layar selanjutnya, Anda perlu memilih apakah ingin “NTFS at sector 0” atau “FAT at sector 0”. Setelah melakukan pemilihan, segera tekan “Next”. Tidak lama kemudian, proses pemindaian pun dilakukan. Jika hal itu telah berhasil, ada beberapa langkah lagi yang perlu dilakukan. Berikut rinciannya:
cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk secara permanen

  • Usai pemindaian, akan beberapa daftar file yang ada dalam flashdisk. Pilihlah salah satu atau sesuai kebutuhan.
  • Apabila ingin memulihkannya seperti file di recovery inspector, maka coba klik 2 kali dan periksa apakah datanya masih ada atau tidak.

aplikasi recovery flashdisk

  • Bila data masih ada dan akan dipulihkan, silakan klik Copy serta pindahkan di salah satu tempat.
  • Kemudian, tunggulah hingga prosesnya selesai.
  • Lalu bukalah tempat penyimpanan tadi, semisal My Document.

Apabila proses pemindahan berjalan sempurna, maka Anda akan bisa menemukan file data recovery flash disk.

7. Cara Mengembalikan File dengan Pandora
Cara Mengembalikan File dengan Pandora

Data flashdisk hilang tiba-tiba? Anda tidak perlu khawatir sebab ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengembalikannya, salah satunya adalah menggunakan Pandora recovery full. Pandora ini sangat praktis digunakan. Selain gratis, teknik pengoperasian juga mudah bahkan untuk para pemula.

Cara mengembalikan data di flashdisk yang tiba tiba hilang dengan Pandora ini dapat dijadikan alternatif apabila metode lainnya kurang berhasil.

  • Unduhlah software tersebut.

Mengembalikan File dengan Pandora

  • Kemudian, klik Next pada halaman pernyataannya.

pandora recovery kuyhaa

  • Setelah itu, Anda akan diminta mengisikan informasi tentang Recycle Bin. Jika tidak menemukan dokumen di Recycle bin, maka pilih “No, I did not find my files”.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk  dengan Pandora

  • Kemudian, Lalu, pilihlah drive dan lakukan pemindaian. Untuk melakukan proses scanning, pastikan Anda memilih “Start Disk Surface Scan”. Cara ini relatif mudah untuk menghilangkan antivirus yang bisa mengembalikan file hidden.

Setelah proses scanning selesai, Anda dapat recovery data flashdisk. Untuk bisa mengetahuinya, silakan klik ikon Recovery yang ada di bagian atas. Jika data masih tersimpan baik, maka proses pemulihan pun berhasil dilakukan. Saat download recuva gratis, gunakan juga Pandora.

8. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Glary Undelete

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Glary Undelete

Ciri ciri flashdisk terkena virus umumnya datanya tersembunyi. Gunakanlah Glary undelete sebagai salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memulihkan data terhapus di flashdisk. Sebelum melakukan pemindaian, tentu Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dan menginstalnya.

Dengan menginstal Glary, Anda akan secara otomatis tahu cara mengatasi file yang tiba-tiba hilang.
Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Dengan Glary Undelete

  • Usai melakukan penginstalan, bukalah aplikasi tersebut.
  • Pilihlah file terhapus lalu pilih Search untuk mencarinya. Durasi scanning dapat bervariasi, setelah itu, segera muncul berbagai data tersembunyi.

Cara mengembalikan file yang di cut di FD cukup mudah, jika Anda telah melihat dokumen hilang di dalam aplikasi itu, berarti masih ada harapan memilikinya. Software ini sangat canggih, karena bisa memberikan informasi tentang kapan dihapusnya data tersebut. Tidak hanya dokumen, tapi juga gambar.

Setelah melihat data-data tersebut tersimpan rapi beserta keterangannya, Anda perlu tahu cara membuka file yang terkunci di flashdisk. Metodenya tidak begitu sulit. Berikut akan dijabarkan mengenai panduan memulihkan dokumen itu.

Bahkan bisa digunakan sebagai cara recovery file yang terkena virus, berikut ulasannya:
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Dengan Glary Undelete

  • Pertama, silakan ceklist pada file itu, lalu klik Restore. Tombol ini terletak di bagian pojok bawah.
  • Secara otomatis akan muncul drive yang bisa dipulihkan kembali. Pilihlah salah satu atau beberapa sesuai kebutuhan.
  • Setelah memilihnya, silakan klik OK.

Layaknya PC inspector file recovery, Cara ini cukup ampuh dalam mengembalikan segala data lama yang sempat hilang.

9. Cara Mengembalikan File dengan Disk Drill
Cara Mengembalikan File Dengan Disk Drill

Selain menggunakan cara melihat recycle bin di flashdisk, Anda juga dapat memakai Disk Drill. Software ini sangat berkualitas sehingga mampu memulihkan data dengan cepat. Tidak perlu keahlian khusus saat menggunakan aplikasi itu karena penggunannya cukup simpel.

  • Pertama, Anda harus mengunduh software canggih ini.

Mengembalikan File Dengan Disk Drill

  • Setelah itu jalankan aplikasi. Apabila telah terbuka, maka segera pilih drive yang ingin dilakukan pemindaian.
  • Carilah nama flashdisk apabila ingin melakukan pemulihan data dari perangkat tersebut.

Cara memunculkan file di flashdisk tidak sesulit yang dibayangkan.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Disk Drill

  • Setelah memilih drive, segera pilih All Recover Methods, Quick Scan.
  • Untuk memulainya, klik menu Search for Lose Data. Secara otomatis, data akan discan dan ditampilkan dokumen atau gambar terhapus.

Semakin besar file yang pernah terhapus dalam sebuah drive, makin banyak pula temuannya dalam aplikasi itu. Setelah melakukan pemindaian, Anda tidak bisa langsung menggunakan dokumen tersebut. Ada beberapa tahapan lanjutan. Berikut ulasannya:

  • Pilihlah data yang ingin dilakukan pemulihan.

cara mengembalikan data di flashdisk yang tiba tiba hilang

  • Setelah diklik, maka berikan ceklist dan tekan Recovery.
  • Selanjutnya, tentukan lokasi penempatan file tersebut, semisal D ata E.
  • Lalu, akhiri dengan cara klik OK.

Cara mengembalikan file lostdir di flashdisk ini cukup mudah, bukan?

Bagaimana Cara Menentukan Motede yang Terbaik?

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk


Cara melihat recycle bin di flashdisk sangat bervariasi. Ada berbagai metode yang dapat digunakan. Di sini Anda boleh memilih metode termudah untuk memulihkan file hilang. Banyak orang mengatakan bahwa menggunakan Command Prompt disukai karena bisa dilakukan tanpa perlu software tambahan.

Namun, sebagian orang menganggap metode tersebut sedikit ribet karena harus memasukkan kata kunci. Jika pemilihan kurang tepat, otomatis Anda harus mengulang dari awal. Akhirnya banyak yang memilih mengunduh software lainnya demi memulihkan data di dalamnya.

Saat penginstalan, apakah bisa gagal? Jelas bisa. Lantas apa saja penyebabnya:

1. File Hilangnya Sudah Lama

Beberapa metode di atas cukup efektif digunakan saat Anda kehilangan file dalam waktu dekat (kurang dari 24 jam). Layaknya otak, flashdisk juga memiliki memori untuk menyimpan. Jikalau data masih segar kemungkinan besar semuanya bisa dikembalikan, begitupuns sebaliknya.

2. Flasdish Rusak

Kerusakan pada flasdish juga bisa mengindikasi file yang hilang. Jika hal ini terjadi, mustahil file tersebut dapat dikembalikan. Oleh karena itu, lakukan pencadangan di tempat aman seperti Google Drive agar jika sewaktu-waktu hilang bisa dengan mudah didownload.

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Pililah metode yang Anda anggap paling efektif dan efisien. Namun, terkadang data yang dikembalikan tidak murni 100%. Bahkan, beberapa file juga mengalami kerusakan.


Post a Comment for "9 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk"